Sunday, April 1, 2018

Makalah IT (Perkembangan dan Klasifikasi Komputer)


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bias dikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.

1   1.2 Rumusan Masalah

Dalam makalah ini, permasalahan yang akan dibahas adalah tentang perkembangan – perkembangan Komputer ,yang telah terjadi sampai saat ini,dimulai dari awal kemunculan pertama kali komputer hingga Komputer yang akan tercipta di masa depan.

1.3 Tujuan
·         Untuk mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang.
·         Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya computer.
·         Untuk mengetahui jenis jenis computer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang lebih tinggi agar dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
·         Memajukan daya pikir manusia agar menciptakan pola pikir inovatif dan kreatif.
·         Agar manusia mampu untuk menghasilkan computer yang lebih canggih dari yang telah pernah ada.
·         Agar masyarakat Indonesia tidak ketinggalan dari negara yang lebih berkembang pada saat sekarang.
·         Dengan mengetahui perkembangan computer, maka masyarakat Indonesia telah mampu untuk berkompetitif secara sehat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermutu.
·         Untuk mengetahui sesuatu hal atau objek yang dahulunya tidak diketahui dan dengan adanya computer maka hal tersebut dapat diketahui.

11.4.    Manfaat

Pembahasan makalah dengan judul “PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI KOMPUTER” ini mempunyai manfaat untuk mengenalkan kepada pembaca sekalian tentang bagaimana saat ini komputer sedang berkembang,seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sangat memerlukan komputer,baik untuk kita membuat suatu pekerjaan,dan lain – lain.

Maka kita harus tahu darimana komputer itu berasal ,dan digunakan untuk kepentingan apa saja,jangan sampai kita salah menggunakan alat yang sangat canggih ini.









BAB II
LANDASAN TEORI

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
                Terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung, angka dalam meninjau perkembangan komputer kita tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputer.
            Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur 16 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun 19673, seorang Phyosopy jerman bernama Leibniz. Membuat mesin hitung yang dapat menambah dan mengalikan. Pada Tahun 1975 seorang Peranvis bernama Joseph Mario Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk mengotrol benar-benar pada penenum tekstil.
            Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan seumbangan besar dalam perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machane Campany dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
            Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau merencanakan mesin untuk memproses dengan menggunakan punch car dan mesin ini digunakan pada tahun 1910 pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of  Sperry and Corporation.
            Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy menciptakan meisn hitung yang berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan dan penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, komputer nya disebut dengan nama Mark I. Mark I segera diganti dengan munculnya komputer elektronik yang otomatis bernama Eniac. Komputer ini dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
            Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
- Pra generasi (sebelum tahun 1946)
- Generasi I (tahu 1946-1959)
- Generasi II (tahun 1959-1965)
- Generasi III (tahun 1965-1970)
- Generasi IV (sejak 1970)
- Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan)




BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Perkembangan Hardware
Komputer  Generasi Pertama (1940 -1959)
         ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik berbasis tabung hampa udara, yang digunakan untuk kebutuhan umum. dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert.
ENIAC berukuran sangat besar, membutuhkan daya listrik sebesar 140-174 kilowatt, berat > 30 ton, panjang 30 m, tinggi 2,4m  dan menempati ruangan sekitar 167 m2.

         Mesin Von Neumann
-          Dikembangkan tahun 1945 oleh seorang ahli matematika yaitu John Von Neumann (dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di didunia) yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC.
-          Berupa mesin EDVAC (Electronic Discrete Variable Komputer).
-          Memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan didalam memori untuk semua data.
-          Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan RAM (Random Access Memory) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.

         Pada tahun 1953 IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer sampai tahun 1959.
IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut :
         Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vacum.
         Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
         Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
         Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
         Kemampuan melakukan proses real-time dan real-sharing.
         Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
         Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa dapat melakukan jutaan operasi per detik.
         Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil.
         Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah ke aplikasi teknik.

Contoh:
UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90 dan 1107,  Burroughs 200 (pabrik pembuatnya Burroughs), IBM 7070, 7080, 1400 dan 1600 (International Business Machine), NCR 300 (National Cash Register), Honeywell 400 dan 800 (Honeywell), CDC 1604 dan 160A (Control Data Corporation), serta GE 635, 645 dan 200 (General Electric).


Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Ciri-ciri lain komputer generasi ketiga adalah :
         Menggunakan IC, maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
         Peningkatan dari sisi software.
         Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
         Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik (external disk) yang sifatnya pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
         Penggunaan listrik yang lebih hemat.
         Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
         Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
         Harga yang semakin murah.
         Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Contoh-contoh komputer generasi ketiga diantaranya adalah, IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000 dan 7000, PDP-8 dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).

Komputer Generasi Keempat (1970 – 1980-an)
Ciri-cirinya :
         Merupakan kelanjutan dari generasi ketiga. Bedanya bahwa IC pada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama, penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keeping IC yang disebut chip.
         LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

         Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004. Pada tahun 1972 Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya microprosesor 8080 dibuat tahun 1974, kemampuan-nya lebih cepat dan memiliki set instruksi yang lebih kaya, dan memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).

Komputer Generasi Kelima(1980-an  - ? )
Ciri-cirinya :
         Mulai diproduksi PC massal  tahun 1980 oleh IBM, yang terkenal dengan IBM-PC, yang selanjutnya dikuasai Intel untuk hardwarenya dan Microsoft untuk Softwarenya.
         Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standart komputer saat itu, yang menggunakan basis dengan proses 16 bit per satu waktu.
         Telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yg mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik. (sementara teknologi chip hanya mampu memproses milyaran operasi perdetik).
         Komputer mampu menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai "artificial intelligence.

         berbasis GUI (Graphic User Interface), multimedia, dan multikomunikasi.
Pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang dikenal sebuatan Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2,3, dan 4.

3.2. Perkembangan Software
Konsep Software
-         Perangkat lunak (software) adalah perangkat abstrak yang merupakan bagian utama selain hardware dari sistem komputer.
-         Bentuk paling primitif dari Perangkat lunak adalah menggunakan aljabar Boolean, yang direpresentasikan dalam binary digit (bit), yaitu bernilai 1 (benar/on) atau 0 (salah/off), yang kemudian dikelompokkan menjadi 4-bit (nible), 8-bit (byte), 16-bit (word), 32-bit (double word), 64-bit, dan seterusnya. Dari dasar bilangan biner  itulah sebuah program assembler dibentuk untuk membuat software-software yang lain.
-         Perangkat lunak yang ada hingga saat ini dibentuk dari  sebuah kode-kode biner yang kemudian di kemas dalam sebuah bahasa mesin (machine language), bahasa assembler, bahasa C, dan sebagainya.

Era perangkat lunak setelah adanya komputer dibedakan menjadi:
        Era Pioner (1940 – 1960), bentuk perangkat lunak masih berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Ciri-ciri lain dari era pioneer ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch), distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
        Era Stabil (1960-1980), komputer sudah diproduksi secara massal dan perangkat lunak sudah bisa menjalankan beberapa fungsi proses secara serampak (multitasking). Ciri yang lain dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah, sudah menggunakan sistem database.
        Era Mikro (1980 -1990) , perangkat lunak diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan untuk kebutan pribadi (home), bersifat automasi untuk kecerdasan buatan (artifical intelegent).
        Era Modern (1990 - ? ), memiliki ciri perangkat lunak berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi objek, sistem pakar, pemrosesan paralel, dan dapat berkomunikasi jaringan global.

Jenis Software komputer:
Software sistem operasi
operating system/OS mempunyai dua fungsi utama yakni:
a.       Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer (resource manager) : Mengelola sumber daya pada sistem komputer seperti monitor, processor, dan sebagainya,  maupun data dan program
b.      Sistem operasi sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine) : menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
c.       Aplikasi : Aplikasi seperti bahasa pemrograman, software program aplikasi, software paket aplikasi, software utilitas, serta software games dan multimedia.

Contoh sistem operasi yang ada:

-          UNIX
-          LINUX
-          Windows
-          Dan lainnya yang kurang populer (OS/360, CP/M) dll

Bahasa Pemrograman: bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer.
Dibagi menjadi tiga level bahasa yaitu :
        bahasa tingkat rendah (low level language), contoh bahasa mesin (machine language).
        bahasa tingkat menengah (middle level language) contoh Assembler.
        bahasa tingkat tinggi (high level language) contoh Pascal, C, Fortran, COBOL, BASIC, kemudian bahasa yang berbasis XBase, Visual, .NET, dll.

Paket Aplikasi. Merupakan software aplikasi yang berupa paket dengan tujuan khusus. seperti MS-Word, MS-Excel, Corel Draw, PhotoShop, dan masih banyak lagi.


3.1. Klasifikasi Komputer
1.      Klasifikasi Komputer berdasarkan Tujuan Pemakaian
a.      Special-Purpose Computer
Jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus yang biasanya hanya berupa satu masalah saja.
b.      General Purpose Computer
Digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk menyelesaikan program yang bermacam-macam dan jenis permasalahan yang berbeda seperti untuk pengolah kata, grafis, permainan dan lain-lain.
Cth : PC

  1. Komputer berdasarkan Data yang Diolah :
a.       Komputer Analog
Digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk pisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dan sebagainya.
Kelebihan : mampu menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat.
Kekurangannya biasanya berupa grafik atau bentuk dial. Contoh besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal .

b.      Komputer Digital
Data dalam komputer digital berupa angka atau huruf. Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, contohnya komputer PC yang umum digunakan orang.


Keunggulan komputer digital adalah :
         Proses data lebih tepat dibandingkan komputer analog.
         Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
         Dapat melakukan operasi logika.
         Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi dan dihapus.
         Output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik atau gambar.
c.       Komputer Hybrid
Merupakan kombinasi komputer analog dan digital. Digunakan pada aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat daripada komputer analog dan lebih tepat daripada komputer digital.
  1. Komputer berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya :
Selain bentuk fisiknya, kemampuan yang diukur biasanya ditunjukkan atas kemampuan kapasitas memori, kapasitas penyimpanan storage (harddisk), dan kemampuan laju prosesornya, serta ukuran fisik komputer itu sendiri
Dibedakan menjadi :
-          Komputer Super (super computer)
-          Komputer Besar (large computer)
-          Komputer Menengah (midle computer)
-          Komputer Kecil (Small Computer)
-          Komputer Mini (mini computer), dan
-          Komputer Mikro (micro computer)
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan

Sejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun yang silam di cina. Hal ini ditandai dengan adanya abacus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Dari generasi ke generasi computer selalu mengalami perubahan-perubahan mulai dari pemakaian vacuum tube (generasi pertama), resistor (generasi kedua), Integrated Circuit (generasi ketiga), chip (generasi keempat) serta pemrosesan pararel (generasi kelima).
Perkembangan komputer tersebut berlangsung kurang lebih dalam kurun waktu 70 tahun telah menghasilkan perubahan yang besar dari generasi kegenerasi. Cara kerja dan alat yang digunakan pun berbeda-beda, ukuran komputer pada masa generasi pertama sangat besar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Kita tidak akan tahu di tahun-tahun mendatang seperti apakah komputer dan bagaimana fungsinya. Hanya kemajuan teknologilah yang bisa menjawab itu semua.

4.2. Saran
Oleh karena itu kita harus menjaga kemajuan teknologi kita, agar teknologi yang sudah canggih ini bisa digunakan sebaik – baiknya,jangan sampai kita menyia – nyiakan komputer yang sudah sangat canggih ini.
Dan kita juga harus bisa menciptakan teknologi komputer yang lebih canggih lagi daripada yang ada sekarang ini.Apalagi sekarang kita didukung dengan alat – alat yang super hebat.



No comments:

Post a Comment

Makalah IT (Mengenal Borland C++)

BAB I PENDAHULUAN 1.1          Latar Belakang Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat, apalagi dalam penggunaan ...