Sunday, April 1, 2018

Makalah IT (Mengenal Visual Basic. Net)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi. Ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic adalah form, dimana pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan dalam script yang sangat mudah.

1.2  Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, permasalahan yang akan dibahas adalah untuk mengetahui perkembangan Visual Basic, mengenal Visual Basic .NET 2008 dan cara penggunaan Visual Basic .NET 2008.

1.3    Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini untuk memberikan penjelasan mengenai perkembangan Visual Basic khususnya Visual Basic .NET 2008 yang akan dibahas secara lengkap dan ringkas pada bab selanjutnya.











BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Perkembangan Visual Basic
Visual basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Kurtz dari Kampus Darmouth pada pertengahan tahun 1960-an.
Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer. Sejak saat itu, banyak versi BASIC yang dikembangkan untuk digunakan pada berbagai platform komputer. Beberapa versinya seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC, IBM BASICA, Apple BASIC dan       lain-lain.
Apple BASIC dikembangkan oleh Steve Wozniak, mantan karyawan Hewlet-Packard dan teman dekat Steve Jobs (pendiri Apple Inc.). Steve Jobs pernah bekerja dengan Wozniak sebelumnya (mereka membuat game arcade “Breakout” untuk Atari). Mereka mengumpulkan uang dan bersama-sama merakit PC, dan pada tanggal 1 April 1976 mereka secara resmi mendirikan perusahaan komputer Apple. Popularitas dan pemakaian BASIC yang luas dengan berbagai jenis komputer turut berperan dalam mengembangkan dan memperbaiki bahasa itu sendiri, dan akhirnya berujung pada lahirnya Visual Basic yang berbasis GUI (Graphic User Interface) bersamaan dengan Microsoft Windows. Pemrograman Visual Basic begitu mudah bagi pemula dan programer musiman karena ia menghemat waktu pemrograman dengan tersedianya komponen-komponen siap pakai. Hingga akhirnya Visual Basic juga telah berkembang menjadi beberapa versi, sampai yang terbaru, yaitu Visual Basic 2008.
Perjalanan Visual Basic Dari Visual Basic 1 Sampai Visual Basic 10 :
1        Proyek “Thunder” dirintis.
2        Pada Bulan Mei 1991 Visual Basic 1.0 dirilis untuk windows pada Comdex/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia.
3        Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataannya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System.
4        Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg menjadikan objek dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB 4.
5        Visual Basic 3.0  dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi versi standard dan professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau Access) 1.x.
6        Visual Basic 4.0 dirilis pada Agustus 1995 merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic.
7        Visual Basic 5.0 dirilis pada Februari 1997. Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import programnya dari VB 4 ke VB 5 dan juga sebaliknya, program VB 5 dapat diimport menjadi VB 4. VB 5 memperkenalkan kemampuan untuk membuat User Control.
8        Visual Basic 6.0 dirilis pada pertengahan 1998 memperbaiki beberapa cakupan, termasuk kemampuannya untuk membuat Aplikasi Web-based. Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada Maret 2008.
9        Visual Basic.NET (VB 7) dirilis pada tahun 2002. Beberapa yang mencoba pada versi pertama .NET ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yg digunakan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan kekurangan diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime VB 6 serta peningkatan penggunaan memori.
10    Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1
11    Visual Basic 2005 (VB 8.0) merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic .NET dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata .NET pada judulnya.
12    IsNot Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If Not X Is Y menjadi If X IsNot Y
13    Visual Basic 2005 Express , merupakan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB, salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft
14    Visual Basic “Orcas” (VB 9.0), dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangun diatas .NET 3.5. Pada rilis ini, Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya :
·           True Tenary operator , yaitu fungsi If(boolean,value, value) yg digunakan untuk menggantikan fungsi IIF
·           LINQ Support
·           Ekspresi Lambda
·           XML Literals
·           Nullable types
·           Type Inference
15    Visual Basic ‘VBx’ (VB 10.0) yang juga dkenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian dari 15. an dari SilverLight 1.1

2.2  Mengenal Visual Basic .NET 2008
Visual Basic Net 2008 adalah salah satu program berorientasi objek, selain itu ada pula program Java dan C++ yang juga berbasis objek. Program Visual Basic Net 2008 adalah produksi Microsoft Corp. Program ini biasanya dipaket bersama-sama dengan Visual C# 2008 dan Visual C++ 2008 dalam paket Visual Studio 2008. Bahasa Visual Basic telah digunakan secara luas karena kemudahan penggunaannya bagi orang awam dan penulisan kode di dalamnya tidak terlalu rumit dibandingkan bahasa C, Delphi, dan Java. Visual Basic Net 2008 (disingkat VBNet 2008) menawarkan banyak kemudahan dibandingkan versi-versi sebelumnya, antara lain teknik pemrograman dapat dibuat lebih terstruktur dan lebih banyak bantuan dalam pemprograman. Jauh lebih mudah untuk menguasainya dibandingkan dengan versinya yang terdahulu, yaitu Visual Basic 6 (disingkat VB6).
Ada banyak perubahan dalam VBNet 2008 ini dibandingkan VB6, antara lain:
·         Bahasa pemprograman sekarang benar-benar bahasa berbasis objek (Object Oriented Programming), sedangkan VB6 bukan bahasa berbasis objek.
·         Aplikasi dan komponen yang ditulis di VBNet 2008 mempunyai akses penuh ke Net Framework, sedangkan di VB6 tidak dikenal atau tidak digunakan Net Framework.
·         Semua aplikasi yang dibuat beroperasi dalam manajemen Common Language Runtime (CLR).
Net Framework sendiri (yang sekarang sudah versi 3.5) adalah suatu himpunan file-file pustaka yang telah terorganisasi dan berguna sebagai fasilitas untuk sistem dan aplikasi. Seorang programmer tidak perlu lagi menghapal fungsi-fungsi Windows API untuk akses sistem seperti di dalam bahasa VB6 karena sudah diorganisasi oleh Net Framework. Semua fungsi-fungsi Windows API tersebut telah dijadikan objek-objek yang dapat dengan mudah digunakan dan ditemukan oleh programmer VB .Net 2008.









Gambar 1. Tampilan awal Visual Studio .NET 2008
Ø Menu
Menu adalah bagian dari IDE yang terdiri dari perintah-perintah untuk mengatur IDE, mengembangkan, memelihara dan mengeksekusi program. Di dalam menu, perintah-perintah dikelompokkan ke dalam beberapa bagian sesuai jenis perintah tersebut. Menu pada Visual Basic.
 


Gambar 2. Tampilan menu
Untuk menggunakan menu atau pilihan pada menu, Anda tinggal mengklik pada menu atau pilihan yang akan dijalankan. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah project yang baru maka pilih menu File | New | Project.
 






Gambar 3. Menu untuk membuat project baru

Ø Toolbar
Toolbar fungsinya sama seperti fungsi dari menu, hanya saja pada toolbar pilihan-pilihan berbentuk icon. Untuk memilih suatu proses yang akan dilakukan, Anda tinggal mengklik icon yang sesuai dengan proses yang Anda inginkan.
 


Gambar 4. Tampilan toolbar
Icon-icon pada toolbar adalah pilihan-pilihan pada menu yang sering digunakan dalam membuat program aplikasi. Dengan adanya toolbar, memudahkan anda untuk memilih proses yang sering dilakukan tanpa harus memilihnya pada menu.
Ø Toolbox
Toolbox adalah tempat dimana kontrol-kontrol dan komponen-komponen diletakkan. Kontrol dan komponen yang terdapat pada toolbox dipakai dalam pembuatan program aplikasi. Untuk membuat objek kontrol dan komponen pada form program aplikasi diambil dari kontrol-kontrol yang ada pada toolbox. Untuk menampilkan windows toolbox, klik pada tombol toolbox yang terdapat pada toolbar.











Gambar 5. Tampilan toolbox

Ø Server Explorer
Server Explorer adalah bagian tempat untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan server dan database server.




Gambar 6. Tampilan server explorer

Ø Solution Explorer
Solution Explorer memberikan tampilan daftar file-file project yang sedang dibuat sehingga dapat diakses langsung. Pada windows solution explorer terdapat beberapa tombol pada toolbar dan tree yang berisi daftar file-file yang digunakan dalam project.
 





Gambar 7. Tampilan solution explorer

Ø Properties Window
Properties windows adalah tempat untuk daftar properti setiap objek kontrol dan komponen. Properties window juga dipakai untuk mengatur properti objek kontrol dan komponen yang dipakai. Dengan properties window, anda dapat mengubah properti yang nantinya akan dipakai sebagai default objek kontrol dan komponen pada waktu pertama kali program dieksekusi.
 










Gambar 8. Tampilan properties window

Ø Form
Form adalah tempat Anda membuat tampilan (user interface) untuk program aplikasi Anda. Pada form, Anda dapat meletakkan atau menambahkan objek kontrol maupun komponen.
 







Gambar 9. Tampilan form

Ø Kode Editor
Kode editor adalah tempat dimana Anda meletakkan atau menuliskan kode program dari program aplikasi Anda. Pada kode editor juga terdapat bagian objek dan event dari kontrol.
 





Gambar 10. Tampilan kode editor

2.3  Membuat Aplikasi Visual Basic .NET 2008
Untuk membuat sebuah program aplikasi dengan Visual Basic .NET 2008, yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah project, menambah form ke dalam project apabila program aplikasi Anda membutuhkan lebih dari satu form, meletakkan atau menambahkan objek kontrol pada form, menulis kode program dan mengeksekusi atau menjalankan program tersebut untuk melihat hasilnya. Berikut ini adalah cara-cara untuk membangun sebuah aplikasi pada Visual Basic .NET 2008.

2.3.1 Membuat Sebuah Project
Pada Visual Basic .NET 2008 Anda akan bekerja dengan project. Project yang akan dipakai disini adalah project Windows Application. Pada waktu sebuah project dibuat maka secara default telah terdapat sebuah form yaitu Form1 di dalam project tersebut. Untuk membuat sebuah project adalah sebagai berikut:
1.    Pada Start Page klik tombol menu File | New | Project.
2.    Pada kotak dialog New Project bagian Project Type pilih Visual Basic, Templates pilih Windows Application. Isi nama project pada bagian Name. Pilih direktori yang ingin Anda pakai untuk menyimpan project pada bagian Location.
 








Gambar 11. Membuat project windows dengan visual basic
3.    Klik Ok pada kotak dialog New Project tersebut.

2.3.2 Menambah Kontrol pada Form
Untuk mengatur tampilan form, maka Anda perlu untuk menambahkan objek kontrol pada form tersebut. Untuk menambahkan objek kontrol pada form, dapat Anda lakukan dengan klik ganda kontrol pada toolbox atau klik pada kontrol lalu klik pada form tempat Anda mau meletakkan objek kontrol. Contoh form yang ditambahkan objek kontrol adalah seperti pada gambar dibawah.
 







Gambar 12. Objek kontrol pada form
2.3.3 Menulis Kode Program
Untuk membangun suatu aplikasi selain merancang tampilan dari form adalah menulis kode program. Untuk menulis kode program dilakukan pada bagian kode editor. Untuk memunculkan kode editor, klik pada menu icon View Code pada bagian Solution Explorer.





Gambar 13. Menu icon view code

2.3.4 Menjalankan Program Aplikasi
Untuk menjalankan program aplikasi terlebih dahulu program aplikasi tersebut harus dikompilasi. Untuk mengkompilasi program aplikasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut pilih menu Build kemudian klik Build Solution atau dengan menekan tombol Ctrl+Shift+B pada keyboard. Apabila terjadi error atau kesalahan, maka akan ditampilkan pada window Error List.
 





Gambar 14. Window output
Setelah program aplikasi dikompilasi, selanjutnya adalah menjalankan program tersebut. Untuk menjalankan program aplikasi dapat dilakukan dengan memilih menu Debug | Start Debugging atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Atau juga dengan mengklik menu icon Start Debugging yang terdapat pada toolbar.


Gambar 15. Menu icon start debugging
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Visual basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Kurtz dari Kampus Darmouth pada pertengahan tahun 1960-an. Visual Basic telah mengalami banyak perkembangan dimulai dari VB 1.0 sampai VB 10.0. Penggunaan Visual Basic dalam membuat sebuah aplikasi tidaklah sulit, daripada itu banyak sekali pengguna yang menggunakan Visual Basic. Di dalam Visual Basic juga terdapat menu-menu yang memudahkan kita untuk membuat sebuah aplikasi. Tetapi Visual Basic 6.0 lah yang paling banyak digunakan oleh pengguna dikarenakan Visual Basic 6.0 tidaklah membutuhkan kapasitas processor yang besar.
  
3.2 Saran
Untuk kemajuan Teknologi maka diharapkan agar perkembangan Bahasa Pemrograman kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

2 comments:

Makalah IT (Mengenal Borland C++)

BAB I PENDAHULUAN 1.1          Latar Belakang Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat, apalagi dalam penggunaan ...