Sunday, April 1, 2018

Makalah IT (Mengenal Teknologi NFC)


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
           
Pada saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan setiap saat. Tidak hanya perangkat keras semacam handphone yang berkembang namun perangkat-perangkat lunaknya seperti system operasi dan teknologi pengiriman data pun turut berkembang pesat. Salah satu perangkat lunak yang akan kita bahas dalam makalah ini adalah teknologi pengiriman data pada handphone yaitu, Near Field Communication atau NFC.
Masihkah anda ingat aplikasi pengiriman data pada handphone yang pertama kali muncul adalah Infrared, dilanjutkan degan Bluetooth dan saat ini yang tengah berkembang adalah NFC. Kebutuhan pengiriman data yang lebih efisien dan memiliki banyak fungsi melatar belakangi hadirnya NFC. Sebenarnya NFC adalah pengembangan dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang digunakan ke dalam perangkat handphone untuk memudahkan transaksi. NFC memiliki banyak fungsi seperti dapat mentransfer data dengan cepat, melakukan transaksi pembelian tanpa perlu menggunakan kartu kredit maupun debit, dan mudah dalam pelaksanaannya karena tidak perlu melewati proses pengaktifan yang berbelit-belit.

1.2.Rumusan Masalah

Dalam makalah  ini permasalahan yang akan dibahas adalah mengenai teknologi NFC, sejarah dan  perkembangan NFC, Struktur Sistem NFC, Jenis-Jenis NFC, Cara Kerja NFC, perbandingan antara NFC vs Bluetooth, kelemahan dan kelebihan NFC serta mengenal dan mengetahui fungsi dan manfaat dari NFC.




1.3 Tujuan dan Manfaat
            Tujuan dan  manfaat dari penulisan makalah  ini adalah untuk kita sebagai pengguna maupun penikmat dari teknologi agar lebih paham dan mengenal dengan teknologi NFC tersebut. Khususnya pada saat ini teknologi terus berkembang sangat pesat,  jadi kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar kita  mampu memahami dan mengerti tentang teknologi tersebut. Baik cara penggunaanya maupun tentang pemahan tentang teknologi tersebut.
























BAB II
PEMBAHASAN


2.1.  Pengertian dan Definisi Near Field Communication (NFC)
A.           Definisi pertama :
Near Field Communication (NFC) adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarak dekat yang memungkinkan interaksi dua arah antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple. NFC juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat elektronik hanya dengan satu sentuhan.

B.            Definisi kedua :
Near Field Communication atau  NFC merupakan satu set teknologi nirkabel atau wireless jarak dekat yang biasanya membutuhkan jarak 4cm atau kurang untuk berkomunikasi. NFC beroperasi pada frekwensi 13.65 MHz dengan rata – rata kecepatan transfer 106 Kbps sampai 848 Kbps. NFC selalu melibatkan inisiator dan target. Inisiator secara aktif menghasilkan Frekwensi Radio (RF) yang dapat mengaktifkan target yang pasif. Hal ini memungkinkan target NFC untuk dapat mengidentifikasi factor – factor yang sangat sederhana dari device seperti tag, stiker, key fobs, ataupun kartu yang tidak memerlukan baterai.

C.            Definisi yang ketiga :
Near Field Communication atau NFC merupakan generasi terkini dari komunikasi wireless jarak dekat dengan frekwensi tinggi. Yang memungkinkan pertukaran data antar device yang terintegrasi dengan teknologi ini. Layanan NFC yang terdapat pada mobile handset memungkinkan penggunanya untuk membagi dan menerima data atau informasi secara instan, berinteraksi dengan device lain yang memiliki teknologi NFC, dan membuat pembayaran secara mobile menjadi cepat dan aman. Teknologi ini dibuat berdasarkan standard RFID. Hanya terdapat sedikit perbedaan, dan NFC tidak dapat berinteraksi dengan beberapa device yang system yang terintegrasi RFID. NFC berkerja pada frekwensi 13.56 MHz dengan kecepatan transfer rata – rata diatas 424 Kbps.

Dari beberapa definisi, NFC dapat diartikan yaitu, Near Field Communication atau biasa di singkat dengan NFC adalah sebuah teknologi terbaru dalam perpindahan data berbasis teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan konektivitas tanpa kabel sehingga sangat memungkinkan komunikasi data antar perangkat elektronik dalam jarak dekat menggunakan perantara induksi medan magnet yang terdapat dalam perangkat elektronik tersebut.

2.2.  Sejarah Near Field Communication (NFC)
Semakin banyak nirkabel teknologi yang muncul untuk memenuh kebutuhan yang berbeda. Salah satu standar yang lebih baru adalah Near Field Communication (NFC). Menyebar dengan cepat melalui bagian Asia, Eropa, dan Amerika Serikat, bidang teknologi komunikasi dekat diadopsi oleh perusahaan semakin banyak. Mulai banyak Manufaktur yang membuat smartphone dengan chip NFC tertanam di dalamnya dan bisnis menginstal pembaca kartu kompatibel di checkout register. Namun Near Field Communication tidak bermunculan dalam semalam. Bahkan, jejak akarnya kembali ke RFID (Radio - Frequency Identification), atau identifikasi frekuensi radio.
NFC adalah bagian dari RFID yang menggunakan gelombang radio untuk mengirim sinyal antara perangkat. Sebuah smartphone akan mengirimkan sinyal yang tag NFC terpasang di dalam poster film atau penyadapan card reader dan berinteraksi dengan. Berkomunikasi telepon dan tag bolak-balik untuk mengirimkan informasi atau menyelesaikan transaksi.
RFID mulai dipatenkan pertama kali oleh Charles Walton. RFID adalah RFID adalah suatu metode yang bisa digunakan untuk menyimpan atau menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yang bernama RFIDtag atau transponder.Suatu RFID tag adalah sebuah benda kecil, misalnya berupastiker adesif, dan dapat ditempelkan pada suatu barang atau produk. RFID tag berisi antena yang memungkinkan mereka untuk menerima dan merespon terhadap suatu query yang dipancarkan oleh suatu RFID transceiver. Perkembangan  NFC dimulai pada tahun  2004 dengan didirikannya sebuah form untuk NFC oleh Nokia, Philips dan Sony. Pada tahun 2006 forum NFC meciptakan kompatibel spesifikasi teknis dan tag NFC dan terus berkembang hingga saat ini. Pada tahun 2006 Nokia 6131 adalah handphone dengan NFC pertama dan disusul oleh Samsung Nexus S di tahun 2010 sebagai handphone Android pertama yag menggunakan NFC. Pada tahun 2011 Google I/O mendemonstrasikan pengunaan NFC untuk mengirimkan permainan, aplikasi, video dan lainnya. Dan pada tahun 2011 Research In Motion menjadi perusahaan pertama yang menjamin trasaksi bersama MasterCard Worldwide, dan diatur oleh PayPass. Hal ini memastikan perangkat NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat NFC lainnya, salah satu faktor utama dalam membuat teknologi NFC bayak diminati sampai sekarang adalah kesederhana dalam pengoperasian dan kecepatannya dalam melakukan transaksi.

2.3.  Struktur Sistem Near Field Communication (NFC)
NFC akan bekerja ketika dua perangkat yang mendukung NFC bertemu dan salah satunya menjadi inisiator atau sebagai target. Perangkat NFC diantaranya adalah ponsel, kartu (tag) NFC dan NFC Reader.













Keterangan Gambar :
1.    Radio Frequency unit dan Baseband Processor.
Baseband Processor merupakan perangkat atau sebuah chip di dalam sebuah smartphone yang mengatur semua fungsi radio. Sedangkan Radio Frequency Unit merupakan sebuah perangkat yang menangkap sinyal masukkan dari baseband dan mengeluarkan sebuah sinyal frekuensi radio dan juga sebagai penghubung antar baseband dan antenna.
2.    NFC proximity Antenna
3.    NFC processor with security
4.    SIM card, terhubung ke NFC processor dengan kabel tunggal.
5.    Smart Card, komunikasi dilakukan pada ISO xxx APDUs
6.    Memory handset
Dalam hal ini, aplikasi NFC bisa terdapat pada SIM card, Smart card, maupun memory handset.
7.    Application processor terdapat runtime, APIs, dan aplikasi NFC
Dalam kasus ini sebuah runtime java seperti MIDP
8.    Perangkat luar atau perangkat lain seperti smart card, reader, dan tag.

2.4.  Jenis-Jenis Near Field Communication (NFC)
Jenis-jenis NFC terbagi menjadi tiga yaitu:
·      Card emulation
Smartphone yang dilengkapi NFC akan dapat digunakan sebagai sarana pembayaran misalnya layanan Google Wallet. Konsumen ketika di pusat perbelanjaan dapat melakukan pembayaran dengan cara mendekatkan smartphone pada perangkat yang telah tersedia, tanpa perlu menyentuh ataupun menggesek (contactless).
·      Reader/Writer
Teknologi NFC memberikan kemudahan membaca dan menulis NFC tag sehingga bisa digunakan misalnya untuk membaca smart poster.



·      Peer-to-peer
Piranti yang telah dilengkapi NFC akan terkoneksi dan berkomunikasi satu sama lain. Misalnya laptop dengan printer atau berbagi foto dari kamera ke televisi.

2.5. Cara Kerja Near Field Communication (NFC)
NFC menyediakan media terbaik bagi identifikasi protokol yang memvalidasi secara aman dalam transfer data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses konten digital dan terhubung dengan perangkat elektronik lainnya hanya dengan  menyentuh atau  membawa perangkat dalam jarak dekat. NFC beroperasi pada pita frekuensi dengan standar berlisensi 13.56MHz dengan jarak lebih dari sekitar 20 cm. Menawarkan kecepatan transfer data 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s. Untuk dua perangkat yang berkomunikasi menggunakan NFC, satu perangkat harus memiliki alat pembaca NFC, yang pada dasarnya adalah sirkuit terintegrasi yang berisi data, terhubung ke antena, dapat dibaca dan ditulis oleh pembaca. Ada dua mode operasi yang dicakup oleh protokol “NFC”, yaitu aktif dan pasif.
·      Dalam modus aktif, kedua perangkat radio menghasilkan bagian sendiri untuk mengirimkan data.
·      Pada modus pasif, hanya satu perangkat menghasilkan bidang radio, sementara modulasi lainnya menggunakan beban lain untuk mentransfer data.Contoh penggunaan NFC pasif adalah seperti pada e-KTP.
Mode operasi pasif sangat penting untuk perangkat bertenaga baterai seperti ponsel dan PDA yang perlu untuk memprioritaskan penggunaan energi. Protokol “NFC” memungkinkan perangkat tersebut untuk digunakan dalam modus hemat daya, sehingga energi dapat dihemat bagi operasi lainnya.
Cara kerja NFC sama seperti Bluetooth dan WiFi, dan segala macam sinyal nirkabel lainnya, NFC bekerja pada prinsip mengirimkan informasi melalui gelombang radio. Near Field Communication standar lain untuk transisi data nirkabel, yang berarti bahwa ada spesifikasi perangkat yang harus memenuhi syarat untuk dapat berkomunikasi satu sama lain dengan baik. Teknologi yang digunakan dalam NFC didasarkan pada ide tua RFID (Radio-frequency identification), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.
Ini menandai satu perbedaan utama antara NFC dan Bluetooth / WiFi, karena dapat digunakan untuk menginduksi arus listrik dalam komponen pasif serta hanya mengirim data. Ini berarti bahwa perangkat pasif tidak memerlukan catu daya mereka sendiri, dan sebaliknya dapat didukung oleh medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh komponen NFC aktif ketika berada dalam jangkauan. Sayangnya, teknologi NFC tidak memberikan cukup induktansi yang akan digunakan untuk mengisi baterai smartphone, tapi wireless charging didasarkan pada prinsip yang sama.









Medan elektromagnetik dapat digunakan untuk mengirimkan data atau menginduksi arus listrik dalam perangkat penerima. Perangkat NFC pasif menarik listrik dari bidang yang dihasilkan oleh perangkat aktif, tapi jangkauannya sangat pendek.
Frekuensi untuk transmisi data pada NFC adalah 13,56 megahertz, dan data dapat dikirim pada kecepatan 106, 212 atau 424 kilobit per detik, yang cukup cepat untuk berbagai transfer data seperti rincian kontak, untuk bertukar gambar, dan musik.Dalam rangka untuk menentukan jenis informasi apa yang akan dipertukarkan antara perangkat, saat ini standar NFC memiliki tiga mode operasi yang berbeda untuk perangkat compliant. Penggunaan yang paling umum pada smartphone adalah mode peer-to-peer, yang memungkinkan dua perangkat berkemampuan NFC untuk bertukar berbagai informasi antara satu sama lain.
Dalam mode ini kedua perangkat beralih antara keadaan aktif, bila mengirim data, dan dalam keadaan pasif ketika menerima.
Di sisi lain, modus membaca atau menulis adalah transmisi data satu arah, di mana perangkat aktif, seperti smartphone, ter-link dengan perangkat lain untuk membaca informasi tersebut. Modus akhir operasi adalah emulasi kartu, dimana perangkat NFC dapat digunakan seperti kartu kredit pintar atau contactless card untuk melakukan pembayaran atau memasuki sistem transportasi umum.
Contoh beberapa model Smartphone ataupun Tablet Android yang memiliki Teknologi NFC (Near Field Communication) adalah sebagai berikut :
·      SAMSUNG : Samsung Galaxy S2 Samsung Galaxy S3 dan S3 mini Samsung Galaxy S4 dan S4 mini Samsung Galaxy Note 2 Samsung Galaxy Note 3.
·      SONY : Sony Xperia Z Sony Xperia Z1 Sony Xperia Z ultra Sony Xperia L Sony Xperia M.
·      HTC : HTC One.

2.6.  Near Field Communication (NFC) VS Bluetooth

Aspek
NFC
Bluetooth
Jarak
Jarak maksimum 4cm
Lebih dari 32 meter
Kecepatan
106 Kbps sampai 424Kbps
2.1Mbps
Konsumsi Daya
Lebih sedikit
Lebih banyak
Cara Pemakaian
Lebih simpel
Lumayan rumit
Aplikasi
Sistem pembayaran dan sistem ID
Koneksi skala panjang bersama perangkat seperti  computer, headseat dan ponsel
Tingkat Kemanan
Memiliki tigkat securitas yang tinggi
Tingkat securitas kurang
Frekwensi
13.56 MHz
2.4–2.5 GHz
Waktu
1 detik
6-8 detik

Berdasarkan spesifikasi diatas, maka teknologi NFC sangat cocok untuk diterapkan dalam konsep Micro Payment. Hal ini disebabkan beberapa alasan berikut:
1.      Tipe jaringan point to point biasa digunakan pada sistem pembayaran, dimana pembeli dan penjual masing-masing menggunakan satu alat saja seperti kasir, kartu kredit dan EDC.
2.      Jarak yang sangat dekat biasa digunakan pada saat transaksi di pertokoan atau transportasi masal dimana pengguna dapat melihat dengan jelas kasir atau alat penerima pembayaran.
3.      Waktu persiapan koneksi dan waktu yang diperlukan saat melakukan transaksi diusahakan sangat singkat agar antrian saat melakukan transaksi tidak menumpuk. Hal ini dapat terjawab dengan teknologi NFC

2.7.  Keunggulan dan Kelemahan NFC
A.           Keunggulan NFC
·      Mempermudah kita dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan kartu kredit atau kartu prabayar. Cukup dengan menggunakan smartphone yang telah terintegrasi NFC.
·      Koneksi dengan perangkat lain sangat mudah, hanya dengan satu sentuhan saja.
·      Lebih aman dan nyaman karena NFC memiliki system security yang bagus.
·      Transaksi pembayaran yang dilakukan lebih cepat.
·      Sedikit kemungkinan untuk terjadi gangguan saat koneksi karena menggunakan system RFID.
·      Transaksi yang dilakukan bebas biaya.
·      Keunikan dari NFC ini terletak pada kemampuannya untuk mengubah mode operasinya menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan ISO/EIC 14443 contacless smart card standard.


B.            Kelemahan NFC
·      Masih minimnya prasarana yang support dengan perangkat NFC di tempat – tempat umum khususnya di Indonesia.
·      Masih belum banyaknya orang yang tahu tentang teknologi ini karena masih tergolong baru di Indonesia.
·      Untuk komunikasi antar perangkat masih perlu jarak yang sangat dekat.
·      Harga perangkat NFC yang tidak murah, seperti harga smartphone yang masih cukup mahal untuk saat ini.
·      Masih rendahnya kecepatan transfer data yang dapat dilakukan.
·      Device yang mendukung teknologi ini masih sangat sedikit.
·      Memerlukan berbagai pemangku kepentingan, termasuk bank, operator selular, jaringan kartu dan pedagang

2.8.  Fungsi dan Manfaat dari NFC
·                Berbagi file dan Photo serta video
Biasanya untuk berbagi sebuah file dari sebuah device kita menggunakan teknologi Bluetooth. Selain itu kita biasanya menggunakan USB untuk memindahkan sebuah file dari smartphone. Tetapi dengan NFC ini kita melakukan Pairing antar device dan setelah melakukan pairing kita bisa memanggil file atau mengambil yang kita inginkan langsung dari device yang kita inginkan.
 Beberapa Device sudah menggunakan teknologi NFC ini, kita bisa menemukan teknologi ini Smartphone terbaru dari Samsung yang menggunakan Android. bahkan di dalam Advertising terbaru mereka, Terlihat untuk melakukan pairing dengan NFC di dalam smartphone Samsung ini tidak sulit.
Selain Smartphone, beberapa gadget seperti Laptop atau notebook sudah mulai menggunakan NFC ini. contohnya HP Envy 14 Spectre dan Sony Vaio Tap sudah mulai memasangkan teknologi ini di dalam notebook buatan mereka. Selain Smartphone dan Notebook, kamera Terbaru dari Panasonic dengan seri Panasonic Lumix DMC-ZS30 and DMC-TS5 sudah akan di pasang NFC di dalam kameranya

·                Pembayaran Mobile
Di Amerika, pembayaran menggunakan mobile sudah sangat populer. Jadi NFC bekerja seperti PayPass MasterCard atau kartu kredit. Hanya dengan mendekatkan smartphone NFC dengan mesin ATM maka smartphone dan mesin ATM akan melakukan pairing dan transaksi pun bisa dilakukan. Anda tidak lagi memerlukan Kartu Kredit.  Metode NFC seperti Google Wallet. Di San Francisco, NFC digunakan sebagai alat pembayaran parkir.

·                Melakukan Check-in
Selain fungsi diatas hal lain yang sangat berguna dari teknologi NFC antara lain Anda bisa melakukan verifikasi tanpa menunggu untuk mengantri. Sebab, NFC bisa melakukan verifikasi Cek-in baik di hotel, bandara ataupun tempat lainnya. Jadi tidak perlu lagi menunggu lama untuk Cek-in.

·                NFC jadi Setir Mobil
Pada  Consumer Ellectronic Show atau CES 2013, di perlihatkan sebuah mobil yang menggunakan tekknologi NFC ini. di dalam pameran ini yang diperlihatkan sebuah mobile Porsche Carrera yang dilengkapi dengan teknologi NFC. Dengan teknologi ini kita mengontrol dari mobil kita, kita bia mengunci dan membuka mobil kita. selain itu ada teknologi Push GPS antar device, kita dengan mudah bisa memberikan GPS yang ada di dalam Smartphone ke dalam Mobil.

·                NFC jadi ATM
Jika biasanya kita untuk menarik Uang dari akun kita melalui ATM, kita harus memasukkan sebuah kartu ATM. Tetapi dengan teknologi NFC yang ada di smartphone, kita bisa melakukan penarikan uang dari ATM. Cara melakukannya kita cukup mendekatkan Smartphone kita dengan mesin ATM kita, setelah itu ATM dan Smartphone akan melakukan pairing. Setelah melakukan pairing, ATM bisa mengeluarkan Uang dari akun  kita. Tentunya dengan ATM yang mendukung fitur NFC juga. Pada ATM di Indonesia, tehnologi NFC ini masih belum diterapkan.

·                NFC untuk Belanja
Selain hal-hal menarik diatas yang bisa di rasakan dari NFC ini, adalah saat kita melakukan belanja. Dengan NFC kita tidak perlu lagi membawa barang – barang banyak seantri. Dengan NFC kita cukup melakukan Scanning Barcode dari barang, dan akan di simpan melalui NFC, selama berbelanja tidak perlu lagi membawa barang banyak – banyak. Dan untuk saat di kasir, kita cukup melakukan pairing dengan kasir, untuk mengetahui barang yang kita beli dan mengetahui jumlah embayaran yang harus di lakukan.

·                NFC sebagai Remote pada Smart TV
Dengan NFC ini memamerkan bagaimana cara mengatur chanel di dalam Smart TV buatan mereka menggunakan Smartphone Samsung buatan mereka. Selain Samsung ada juga LG yang memamerkan hal yang sama. Sepertinya ini akan menjadi fitur menarik dari kegunaan teknologi NFC saat ini selain mengontrol mobil dan verifikasi check-in.

·                NFC Tag
Anda dapat mengatur sebuah setting ketika NFC tag di dekatkan ke smartphone yang memiliki NFC. Contoh, misalkan saja Anda selalu mengatur smartphone dalam mode diam ketika tidur. Anda bisa mengatur NFC tag sebagai pengaktif mode diam ketika didekatkan ke smartphone. Selain itu Anda bisa mengatur NFC tag sebagai password wireless, jadi ketika teman Anda bermain di rumah dan ingin login wifi, cukup dekatkan smartphone ke NFC tag.

















BAB III
PENUTUP


3.1.  Kesimpulan
NFC adalah sebuah teknologi terbaru dalam perpindahan data berbasis teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan konektivitas tanpa kabel sehingga sangat memungkinkan komunikasi data antar perangkat elektronik dalam jarak dekat menggunakan perantara induksi medan magnet yang terdapat dalam perangkat elektronik tersebut. NFC adalah pengembangan dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang digunakan ke dalam perangkat handphone untuk memudahkan transaksi.
NFC akan bekerja ketika dua perangkat yang mendukung NFC bertemu dan salah satunya menjadi inisiator atau sebagai target. Perangkat NFC diantaranya adalah ponsel, kartu (tag) NFC dan NFC Reader.  NFC bekerja sama seperti Bluetooth dan WiFi, dan segala macam sinyal nirkabel lainnya, NFC bekerja pada prinsip mengirimkan informasi melalui gelombang radio.
Teknologi NFC sangat cocok untuk diterapkan dalam konsep Micro Payment.
 Teknologi NFC juga terdapat kelemahan dan keunggulan. Di Indonesia prasarana yang support dengan perangkat NFC ini masih sangat minim dan masih belum banyaknya orang yang tahu tentang teknologi ini karena masih tergolong baru di Indonesia.
NFC dapat digunakan untuk : Berbagi file dan Photo serta video, Pembayaran Mobile, Melakukan Check-in, NFC jadi Setir Mobil, NFC jadi ATM, NFC untuk Belanja, NFC sebagai Remote pada Smart TV dan NFC Tag






3.2.  Saran
Dalam usaha untuk mendukung perkembangan teknologi kita harus menggunakan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya dan kita juga harus bisa mempelajari dan mengenal teknologi tersebut, jangan sampai kita menyalahgunakan teknologi tersebut, agar kedepannya teknologi bisa terus berkembang dan terus berkembang sehingga teknologi bisa memanjakan kita sebagai pengguna.


No comments:

Post a Comment

Makalah IT (Mengenal Borland C++)

BAB I PENDAHULUAN 1.1          Latar Belakang Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat, apalagi dalam penggunaan ...