Sunday, April 1, 2018

Makalah IT (Makalah Pentium II)


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat, terutama pada perekembangan generasi-generasi pentium, yang tidak lain disebabkan oleh perkembangan dalam bidang pendidikan dan pengetahuan.
 Pentium sendiri adalah generasi kelima dari arsitektur prosesor mikro x86 buatan Intel Corporation yang desainnya dibuat oleh Vinod Dham. Pentium merupakan penerus dari jajaran prosesor 486, dan mulai dijual ke pasaran pertama kali pada tanggal 22 Maret 1993. Nama asli (kode) Pentium adalah 80586 atau i586, untuk mengikuti penamaan generasi sebelumnya.
Pentium merupakan prosesor pertama dari Intel yang menggunakan arsitektur superskalar, sehingga walaupun Pentium merupakan prosesor yang bersifat CISC, Pentium dapat bekerja seperti layaknya prosesor RISC, meskipun pada saat itu belum ada aplikasi yang mampu mengutilisasinya.

1.2  Rumusan Masalah

Dalam makalah ini, permasalahan yang akan dibahas adalah untuk mengetahui perkembangan-perkembangan dari generasi mikroprocessor pentium II agar para pembaca mengetahui generasi perkembangan mikroprocessor pentium II.

1.3    Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini untuk memberikan penjelasan mengenai mikroprosessor khususnya mikroprosessor Intel Pentium II yang akan dibahas secara lengkap dan ringkas pada bab selanjutnya, dan juga sebagai syarat perkuliahan mata kuliah Arsitektur CPU.

1.4    Manfaat

Pembahasan makalah dengan judul “PENTIUM II” ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan kepada pembaca sekalian tentang bagaimana perkembangan mikroprocessor generasi pentium ii, keunggulan fitur pentium II serta jenis-jenis pentium II.
Makalah ini juga memberikan beberapa penjelasan tentang sejarah awal pentium dan juga solusi untuk memahami generasi genarasi pentium agar pembaca tidak salah dalam mengartikan tentang generasi pentium II.





















BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Intel Pentium II

Prosesor Intel Pentium II ialah prosesor penerus Pentium Pro, yang dilengkapi dengan teknologi MMX yang diluncurkan pertama kali pada Mei 1997. Sebelum diberi nama Pentium II, prosesor ini dikenal dengan codename Klamath.
Pentium II sebenarnya sama seperti Pentium Pro, dan prosesor generasi keenam dari keluarga P6 lainnya. Akan tetapi, desainnya yang agak radikal membuatnya menjadi pembeda. Dengan menggunakan teknologi 350 nanometer (0.35 mikron) dan 250 nanometer (0.25 mikron) dan dilengkapi dengan instruksi MMX, prosesor ini menjadi prosesor untuk mainstream setelah Pentium MMX, setelah Pentium Pro mengalami kegagalan pada kelas desktop dan laku hanya pada server. Intel hanya merilis Pentium II untuk pasar desktop saja, mengingat mereka juga membuat prosesor yang dibangun dengan teknologi yang sama dengan Pentium II yang dikhususkan untuk workstation dan server dengan nama Pentium II Xeon.         Karenanya, pada Pentium II, tidak terdapat fitur multiprosesor, seperti halnya Pentium Pro. Lagipula, aplikasi yang benar-benar mengutilisasi banyak prosesor pada saat itu sangatlah sedikit pada segmen desktop, dan hanya tersedia pada beberapa aplikasi segmen server.
Description: F:\pentium2.jpg
 







Gambar 2.1 Intel Pentium II
2.2    Fitur – Fitur  Intel Pentium II

Processor utama ini memiliki fitur :
     Kecepatan yang berkisar antara 233MHz sampai 450MHz (di tahun 1999).
     Cocok untuk workstations maupun servers.
     Menggunakan single edge contact cartridge, 242 pins.
     Termasuk 512KB level two cache.
     32KB dari level one cache dibagi menjadi 16KB data dan 16KB instruksi cache.

2.3    Jenis – Jenis Intel Pentium II

1.    Pentium-II Celeron
Description: http://tbn2.google.com/images?q=tbn:nQ9CARVJDlzFGM:http://images.compusa.com/skuimages/large/Intel-Celeron-Dual-Core-CP2.jpg
 





Awal 1998 Intel mempunyai masa yang sulit dengan Pentium Pro II yang agak mahal. Banyak pengguna membeli AMD K6-233M, yang menawarkan unjuk kerja sangat baik pada harga yang layak. Maka Intel membuat merek CPU baru yang disebut Celeron. Prosesor ini sama dengan Pentium II kecuali cache L2 yang telah dilepas. Prosessor ini dapat disebut Pentium II-SX. Pada 1998 Intel mengganti Pentium MMX-nya dengan Celeron pertama. Kemudian rancangannya diperbaiki. Cartridge Celeron sesuai dengan Slot 1 dan bekerja pda sistem bus 66 MHz. Clock internal bekerja pada 266 atau 300 MHz.




2.    Pentium-II Celeron A : Mendocino   
Description: http://cdn.cpu-world.com/CPUs/Celeron/S_Intel-FV524RX366%20%28bottom%29.jpg
 






Bagian yang menarik dari cartridge baru dengan 128 KB cache L2 di dalam CPU. Hal ini memberikan unjuk kerja yang sangat baik, karena cache L2 bekerja pada kecepatan CPU penuh. Celeron 300A merupakan sebuah chip dalam kartu

3.    Pentium-II Celeron PPGA : Socket 370
Description: http://www.cpu-world.com/Sockets/Socket7-370.jpg
 







Socket 370 baru untuk Celeron. Prosessor 400 dan 366 MHz (1999) tersedia dalam plastic pin grid array (PPGA). Socket PGA370 terlihat seperti Socket 7 tradisional.yang mempunyai 370 pin.







4.    Pentium-II Xeon
Description: http://www.silirium.ru/pictures/intel-P3-Xeon-500-QB98ES-1.jpg
 





Pada 26 Juli 1998 Intel mengenalkan cartridge Pentium II baru yang diberi nama Xeon. Ditujukan untuk server dan pemakai high-end. Xeon merupakan Pentium II degnan cartridge baru yang sesuai konektor baru yang disebut Slot two.
Modul ini dua kali lebih tinggi dari Pentium II, tetapi ada perubahan dan perbaikan penting lain :
     Chip RAM cache L2 jenis baru: CSRAM (Custom SRAM), yang bekerja pada kecepatan CPU penuh.
     Ukuran cache L2 yang berbeda : 512, 1024, atau 2048 KB RAM L2.
     Memori RAM hingga 8 GB dapat di-cache.
     Hingga empat atau delapan Xeon dalam satu server.
     Mendukung server yang dicluster.
     Chip set baru 82440GX dan 82450NX.
             
Chip Xeon bekerja pada kecepatan clock CPU penuh. Dapat diperkirakan, bahwa akan mempunyai unjuk kerja yang sama seperti cache L1. Tetapi antarmuka dari L1 ke L2 bernilai beberapa tik clock pada awal tiap perpindahan, sehingga ada beberapa kelambatan. Tetapi jika data sudah dipindahkan, bekerja pada kecepatan clock penuh.





BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Prosesor Intel Pentium II ialah prosesor penerus Pentium Pro, yang dilengkapi dengan teknologi MMX yang diluncurkan pertama kali pada Mei 1997. Sebelum diberi nama Pentium II, prosesor ini dikenal dengan codename Klamath.
Pentium II sebenarnya sama seperti Pentium Pro, dan prosesor generasi keenam dari keluarga P6 lainnya. Akan tetapi, desainnya yang agak radikal membuatnya menjadi pembeda. Intel hanya merilis Pentium II untuk pasar desktop saja.
Pentium II memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :
·           Pentium-II Celeron
·           Pentium-II Celeron A : Mendocino
·           Pentium-II Celeron PPGA : Socket 370
·           Pentium-II Xeon

3.2  Saran

Oleh karena itu kita harus mempelajari tentang sejarah awal perkembangan mikroprocessor dan juga mengikuti perkembangan-perkembangan dari processor karena apabila kita tidak mengetahui tentang hal tersebut, mungkin saja sulit bagi kita untuk bisa mengetahui hal-hal tentang perkembangan teknologi yang akan terjadi di masa yang akan datang. Perkembangan teknologi saat ini, kita ketahui bersama perubahan /perkembangan sangat pesat sekali berubah. Maka dari itu kami menyarankan agar kita bisa mencari atau lebih mendalami tentang processor.


1 comment:

Makalah IT (Mengenal Borland C++)

BAB I PENDAHULUAN 1.1          Latar Belakang Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat, apalagi dalam penggunaan ...