Sunday, April 1, 2018

Makalah Agama (Dukun, sihir, alam ghaib dan sesamanya)


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Perdukunan, sihir, alam ghaib dan sesamanya sekarang ada di mana-mana. Dalam tumbuh kembangnya, dunia perdukunan, sihir, alam ghaib dan semacamnya atau sesamanya hadir tak semata di tingkat akar rumput yang rata-rata berpendidikan rendah. Pun tak semata di area yang dihuni rakyat jelata yang miskin, papa dan hidup terbelakang. Dunia perdukunan, sihir, alam ghaib dan ilmu-ilmu semacam itu menyentuh juga manusia yang hidup dalam kawasan elite, prestisius bahkan borjuis. Ilmu-ilmu seperti ini telah merambah kemana pun. Menyeruak, masuk ke alam kehidupan semua strata dan latar belakang manusia, kecuali orang-orang yang dirahmati-Nya. Di dunia modern seperti sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang percaya akan adanya dukun dan ilmu-ilmu sihir lainnya. Dukun, sihir, alam ghaib dan semacamnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita dan kebanyakan dari kita pun begitu percaya dengan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh para dukun dan percaya dengan adanya ilmu-ilmu sihir tersebut. Banyak sekali yang kita lihat, kita baca, kita dengar, kita saksikan di koran, di majalah, di radio, di televisi maupun dalam kehidupan kita sehari-hari yang memaparkan tentang ramalan-ramalan (termasuk ramalan bintang) dan praktek-praktek perdukunan dengan bebas. Ironisnya, kita sebagai seorang muslim/muslimah begitu mudahnya terperangkap oleh tipudaya-tipudaya syaitan tersebut. Bagaimanakah sebenarnya ilmu-ilmu tersebut dalam pandangan Islam?
Dalam ajaran Islam, haram mendatangi dukun, tukang ramal, tukang sihir, menganggap sesuatu penyebab kesialan, dan memakai jimat. Hal tersebut berdasarkan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW berikut :
Dari Shafiyah dari sebagian isteri Nabi SAW dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Barangsiapa yang datang kepada dukun (tukang ramal), lalu menanyakan sesuatu kepadanya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh malam". (HR. Muslim juz 4, hal. 1751).
Dari 'Abdullah (bin Mas'ud), ia berkata, "Barangsiapa yang datang kepada tukang ramal, atau dukun menanyakan sesuatu kepadanya dan percaya kepada apa yang dikatakannya, maka sungguh dia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW". (HR. Thabrani dalam Al-Kabir juz 10, hal. 76, no. 10005).
Dari Qathan bin Qabishah dari ayahnya, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Ramalan dengan tulisan, ramalan dengan burung dan ramalan dengan lemparan kerikil termasuk syirik (menyekutukan Allah)". (HR. Abu Dawud juz 4, hal. 16, no. 3907).
Dari Ibnu 'Abbas RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang mempelajari ilmu ramalan bintang berarti dia mempelajari satu cabang dari sihir, dan bertambah dosa apabila dia bertambah dalam mempelajarinya". (HR. Abu Dawud juz 4, hal. 16, no. 3905).
Dari Mu'awiyah bin Hakam As-Sulamiy, ia berkata : Aku berkata, "Ya Rasulullah, ada beberapa hal yang biasa kami lakukan pada masa jahiliyah dahulu, yaitu kami biasa datang kepada dukun". Rasulullah SAW bersabda, "Jangan lagi kamu datang kepada dukun". (Mu'awiyah) berkata : Aku berkata, "Kami juga percaya pada tanda-tanda kesialan". Rasulullah SAW bersabda, "Itu sesuatu yang tidak disukai oleh seseorang diantara kalian, maka hal itu jangan sampai menghalangi (mengganggu) kamu sekalian". (HR. Muslim juz 4, hal. 1748).
Dari hadits-hadits diatas menunjukkan bahwa sihir, dukun, tukang ramal,, percaya hantu, jimat, mantra-mantra dan kepercayaan-kepercayan syirik lainnya adalah dilarang agama. Sedangkan dukun atau tukang ramal itu mengaku mengetahui yang ghaib, baik yang sudah lewat maupun yang akan datang. Mereka itu hanyalah membuat kebohongan belaka.


                                    




BAB II
PEMBAHASAN

1. Dukun
            Pendukunan (kahanah) adalah mengklaim mengetahui perkara gaib lewat permohonan bantuan kepada jin. Syaikh Abdurrahman bin Hasan berkata dalam Fath al-Majid, “Kebanyakan yang terjadi dalam hal ini ialah apa yang diberitakan oleh jin kepada para kekasihnya dari bangsa manusia tentang perkara-perkara gaib, yaitu berita-berita yang bakal terjadi di muka bumi, lalu orang yang bodoh menganggapnya sebagai penyingkapan tabir dan karamah. Banyak manusia tertipu dengan hal itu. Mereka mengira orang yang memberitakan hal itu dari jin sebagai wali Allah, padahal mereka adalah wali setan.”
Sebagai orang islam kita tidak dianjurkan dan tidak boleh pergi kepada dukun.
Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya dari sebagian istri Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa mendatangi peramal lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari.” (HR. Muslim no. 2186, kitab as-Salam).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa mendatangi peramal lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari.” (HR. at-Tirmidzi no. 135, kitab ath-Thaharah, Ibnu Majah, no. 659, Ahmad dalam al-Musnad, no. 9252).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa mendatangi dukun lalu mempercayai apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir keapda apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan at-Tirmidzi).

Diriwayatkan oleh imam yang empat dan al-Hakim; ia menilai shahih berdasarkan syarat keduanya, “Barangsiapa mendatangi dukun atau peramal lalu mempercayai apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad.”
Al-Baghawi berkata, “Arraf (peramal, orang pintar) adalah orang yang mengklaim mengetahui banyak hal lewat pendahuluan-pendahuluan untuk mengetahui barang yang dicuri dan tempat binatang tersesat. Konon, ia adalah dukun.”
Syaikhul Islam Ibnu Taimiiyah mengatakan, “Arraf adalah nama untuk dukun, peramal perbintangan, dan sejenisnya dari kalangan yang berbicara untuk mengetahui berbagai hal dengan jalan ini.
Ramalan bintang ialah mencari petunjuk dengan keadaan bintang atas kejadian-kejadian di bumi. Ini termasuk perbuatan Jahiliyah, dan ini adalah syirik besar, jika ia berkeyakinan bahwa bintang mengatur di alam semesta ini.

2. Sihir
Sihir meliputi segala sesuatu yang berupa jimat dan jampi-jampi yang dilakukan oleh para penyihir dengan tujuan memberikan pengaruh kepada orang lain, dengan pembunuhan, penyakit atau memisahkan di antara suami-istri. Ini adalah kufur, perbuatan keji dan penyakit sosial terburuk yang harus dilenyapkan, serta membebaskan umat Islam dari keburukannya. Sihir sebagai salah satu perbuatan kufur yang diharamkan oleh Allah, dijelaskan di dalam surat Al-Baqarah ayat 102 tentang kisah dua Malaikat:
Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syetan-syetan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan:”Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir’. Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarkan ayat (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di Akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.”(Al-Baqarah:102).
Ayat yang mulia ini juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mempelajari ilmu sihir, sesungguhnya mereka mempelajari hal-hal yang hanya mendatangkan mudharat bagi diri mereka sendiri, dan tidak pula mendatangkan sesuatu kebaikan di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ini merupakan ancaman berat yang menunjukkan betapa besar kerugian yang diderita oleh mereka di dunia ini dan di Akhirat nanti. Mereka sesungguhnya telah memperjualbelikan diri mereka dengan harga yang sangat murah, itulah sebabnya Allah berfirman :
Dan alangkah buruknya perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir itu, seandainya mereka mengetahui.”
Kita memohon kepada Allah kesejahteraan dan keselamatan dari kejahatan sihir dan semua jenis praktek perdukunan serta tukang sihir dan tukang ramal. Kita memohon pula kepadaNya agar kaum muslimin terpelihara dari kejahatan mereka. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan pertolongan kepada kaum muslimin agar senantiasa berhati-hati terhadap mereka, dan melaksanakan hukum Allah dengan segala sangsi-sangsinya kepada mereka, sehingga manusia menjadi aman dari kejahatan dan segala praktek keji yang mereka lakukan.
Indonesia adalah tempat yang subur untuk perdukunan. Negara ini seolah terbelenggu dengan perdukunan. Jual tanah saja harus pergi ke dukun, mau usahanya lancar, mau jabatannya bertahan, mau punya wibawa dan ditakuti bawahan harus pergi ke dukun. Walaupun mungkin sebutan dukun sekarang kalah populer dengan paranormal atau pensehat spiritual, ditambah lagi oleh mitos-mitos yang berkembang di nusantara ini, seperti orang hamil harus membawa gunting, angka 13 adalah angka sial, diperparah lagi oleh tayangan mistik dan klenik yang berkembang pesat di dunia pertelevisian kita, dan ironinya mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Dari data yang ada, sekitar 149 tayangan misteri di TV kita. Di kantor terkumpul jimat dari harga yang terendah Rp 100 dan termahal Rp 1 milyar. Dunia sihir dan perdukunan erat kaitannya dengan dunia jin dan setan, karenanya pada kesempatan ini perlu kiranya kita menyimak pandangan Islam tentang dunia jin.

3. Alam Ghaib
Alam dibedakan atas alam ghaib (seperti Allah, malaikat, jin, surga, dan neraka) dan alam tampak. Ghaib menurut bahasa berarti yang tidak tampak. Allah-lah yang paling mengetahui kedua alam tersebut. “Dialah Allah yang tidak ada ilah kecuali Dia, yang mengetahui yang ghaib dan yang tampak (QS Al-Hasyr : 22)”. “Sesungguhnya Aku mengetahui segala yang ghaib di langit dan di bumi dan Aku mengetahui apa yang kalian tampakkan dan apa yang kalian sembunyikan (QS Al-Baqarah : 33)”.
Setiap manusia diberbagai belahan dunia sadar akan adanya alam yang tidak kasat mata yang berada diluar panca indra dan diluar batas akalnya, dunia yang seperti itu bernama dunia gaib atau alam gaib! Sekian banyak kepercayaan yang ada dimuka bumi ini, alam gaib itu ditempati oleh berbagai mahluk dengan kekuatan yang tidak bisa dikuasai manuasia dan cenderung ditakuti oleh manusia.
Kenapa banyak orang percaya kepada alam gaib, kepada seseuatu kekuatan yang dianggap lebih tinggi darinya serta mahluk-mahluk yang tidak dapat dikuasainya? Mengapa manusia melakukan berbagai tindakan dengan cara yang beraneka ragam untuk mencari hubungan dengan kekuatan dan mahluk-mahluk alam gaib tersebut? Sebenarnya beberapa hal diatas sudah sejak lama menjadi objek pikiran, objek perhatian dan bahkan objek penelitian para ahli pikir, khususnya para ahli antropologi.
Alam gaib dapat dihadapi manusia dengan berbagai macam perasaan seperti cinta, hormat, bakti, ngeri tetapi juga rasa takut maupun merupakan campuran dari berbagai macam perasaan tersebut. Untuk kemudian, perasaan mendorong manusia untuk melakukan berbagai macam perbuatan yang bertujuan mencari hubungan dengan alam gaib, yang disebut dengan religi/ religious atau keagamaan (agama).
Sebagaimana yang kita ketahui bersama, manusia selalu berupaya untuk memecahkan soal masalah dengan akal dan sistim pengetahuannya. Meski demikian, pengetahuan manusia tetap saja ada batas-batasnya. Semakin maju tingkat kebudayaan manusia makin luas batas akal manusia kendati dibanyak kebudayaan batas akal manusia masih sempit. Sehingga soal permasalahan hidup manusia yang tidak mampu dipecahkan dengan akal pengetahuan, bersolusi dengan ilmu gaib atau magi/ magic. Akar magic merujuk pada kepercayaan akan adanya alam lain yang bisa dikuasai untuk tujuan tertentu, misalnya:
  1. Menyembuhkan orang sakit dengan tata cara yang tidak lazim sewajarnya, 
  2. Atau bahkan membuat celaka orang lain atau lawan tanpa melakukan kontak fisik, tetapi dengan melakukan tindakan tertentu dari jarak jauh.
Ilmu gaib merupakan teknik atau tata cara kompleks yang banyak digunakan manusia untuk mempengaruhi alam sekitar sedemikian rupa sehingga turut pada kehendak dan tujuan yang diinginkan. Terkait hal ini, para ahli Antropologi berpendapat bahwa ilmu gaib hanya memiliki dua dasar, yaitu:
·         Percaya pada kekuatan sakti (kekuatan yang diluar kemampuan manusia), 
·         Hubungan Asosiatif.
Merujuk pada dua dasar ilmu gaib menurut para ahli antroplogi diatas, lebih lanjut lagi para ahli tersebut mengklasifikasikan ilmu gaib atas empat macam menurut fungsinya, yakni:
  1. Ilmu Gaib Produktif. Meruapakan klasifikasi ilmu gaib/ meliputi segala perbuatan ilmu gaib yang erat hubungannya dengan aktivitas produksi. Contohnya pada produksi bertanam pada masyarakat petani. Seringkali diadakan upacara-upacara yang berkaitan dengan penebangan pohon untuk membuat lading, penanaman padi, dsb. 
  2. Ilmu Gaib Penolak. Merupakan klasifikasi ilmu gaib yang segala aktivitas perbuatannya untuk menolak (menghindari) bencana, contohnya ilmu gaib untuk menyembuhkan penyakit, 
  3. Ilmu Gaib Agresif. Merupakan klasifikasi ilmu gaib yang segala tindakannya untuk menyerang, merugikan dan bahkan untuk membunuh orang. 
  4. Ilmu Gaib Meramal. Mencakup segala aktivitas ilmu gaib untuk meramalkan sesuatu berdasarkan perhitungan-perhitungan. Perhitungan dan meramalkan, di Indonesia biasanya ditulis dalam buku-buku (kitab) gaib yang dikenal dengan nama primbon. Pentingya ilmu gaib meramal – bagi yang memercayai dan menggunakannya – adalah misalnya dalam rangka pengambilan keputusan utama dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika hendak menamam, saat mendirikan rumah, mencari pencuri, dsb.





1 comment:

  1. Apakah kamu sudah tau prediksi togel mbah jambrong yang terbaru? bila belum baca Prediksi Togel HKG

    ReplyDelete

Makalah IT (Mengenal Borland C++)

BAB I PENDAHULUAN 1.1          Latar Belakang Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat, apalagi dalam penggunaan ...