BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi
telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi
dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat
" Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai
sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang
luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan
adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun
computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana
saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan
design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila
orang ingin menggunakan computer maka hanya bias dikantor atau dirumah, kalau
sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka
inginkan.
Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu
saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal
munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak
digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun
yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup
sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah
banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang
ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles
Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles
Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun
1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran
dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan
yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai
sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.
1 1.2 Rumusan
Masalah
Dalam
makalah ini, permasalahan yang akan dibahas adalah tentang perkembangan –
perkembangan Komputer ,yang telah terjadi sampai saat ini,dimulai dari awal
kemunculan pertama kali komputer hingga Komputer yang akan tercipta di masa
depan.
1.3 Tujuan
·
Untuk
mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang.
·
Meningkatkan
ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya computer.
·
Untuk
mengetahui jenis jenis computer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang lebih
tinggi agar dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
·
Memajukan daya
pikir manusia agar menciptakan pola pikir inovatif dan kreatif.
·
Agar manusia
mampu untuk menghasilkan computer yang lebih canggih dari yang telah pernah
ada.
·
Agar masyarakat
Indonesia tidak ketinggalan dari negara yang lebih berkembang pada saat
sekarang.
·
Dengan
mengetahui perkembangan computer, maka masyarakat Indonesia telah mampu untuk
berkompetitif secara sehat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermutu.
·
Untuk
mengetahui sesuatu hal atau objek yang dahulunya tidak diketahui dan dengan
adanya computer maka hal tersebut dapat diketahui.
11.4. Manfaat
Pembahasan
makalah dengan judul “PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI KOMPUTER” ini mempunyai manfaat
untuk mengenalkan kepada pembaca sekalian tentang bagaimana saat ini komputer
sedang berkembang,seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sangat
memerlukan komputer,baik untuk kita membuat suatu pekerjaan,dan lain – lain.
Maka
kita harus tahu darimana komputer itu berasal ,dan digunakan untuk kepentingan
apa saja,jangan sampai kita salah menggunakan alat yang sangat canggih ini.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Sejak dahulu kala, proses
pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat
mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan
data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat
ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu
kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat
hitung, angka dalam meninjau perkembangan komputer kita tak lepas dari
perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan
adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) yang muncul sekitar
5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat
hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputer.
Pada tahun 1642 seorang pemuda
berumur 16 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical
Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun
19673, seorang Phyosopy jerman bernama Leibniz. Membuat mesin hitung yang dapat
menambah dan mengalikan. Pada Tahun 1975 seorang Peranvis bernama Joseph Mario
Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk
mengotrol benar-benar pada penenum tekstil.
Pada tahun 1833, Charles Babbage
menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya
disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi
matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan seumbangan besar dalam
perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari
United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin
sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 2886 ia
mendirikan Tabulasi Machane Campany dikemukakan hari Tabulating Machine Compay
berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
Pada tahun 1908 James Power dari
Census Bareau merencanakan mesin untuk memproses dengan menggunakan punch car
dan mesin ini digunakan pada tahun 1910 pada tahun 1911 ia membentuk Power
Accounting Machine Compay yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company dan
sekarang menjadi Univac Division of Sperry and Corporation.
Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy
menciptakan meisn hitung yang berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan dan
penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis pada tahun 1944 Howard
Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis,
komputer nya disebut dengan nama Mark I. Mark I segera diganti dengan munculnya
komputer elektronik yang otomatis bernama Eniac. Komputer ini dirancang oleh J.
Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
Hingga saat ini perkembangan
komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan
sebagai berikut :
- Pra generasi (sebelum tahun 1946)
- Generasi I (tahu 1946-1959)
- Generasi II (tahun 1959-1965)
- Generasi III (tahun 1965-1970)
- Generasi IV (sejak 1970)
- Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan)
- Pra generasi (sebelum tahun 1946)
- Generasi I (tahu 1946-1959)
- Generasi II (tahun 1959-1965)
- Generasi III (tahun 1965-1970)
- Generasi IV (sejak 1970)
- Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan)
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1. Perkembangan Hardware
Komputer Generasi Pertama (1940 -1959)
•
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
merupakan generasi pertama komputer digital elektronik berbasis tabung hampa udara, yang digunakan untuk kebutuhan umum. dibuat pada tahun 1943 oleh Dr.
John W. Mauchly dan John Presper Eckert.
ENIAC berukuran
sangat besar, membutuhkan daya listrik sebesar 140-174 kilowatt, berat >
30 ton,
panjang 30 m, tinggi 2,4m dan menempati ruangan sekitar 167 m2.
•
Mesin
Von Neumann
-
Dikembangkan
tahun
1945 oleh seorang
ahli matematika yaitu John Von Neumann (dijuluki sebagai bapak
komputer modern pertama di didunia) yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC.
-
Berupa
mesin EDVAC (Electronic Discrete Variable Komputer).
-
Memberikan
gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk
mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok
untuk penyimpanan didalam memori untuk semua data.
-
Untuk
pertama kalinya komputer tersebut menggunakan RAM (Random Access Memory)
untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.
•
Pada
tahun 1953 IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 yang berorientasi
pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer sampai tahun 1959.
IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian
memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.
Komputer
Generasi Kedua (1959 – 1964)
Komputer
generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri seperti berikut
:
•
Menggunakan
teknologi sirkuit berupa transistor dan dioda untuk menggantikan tabung
vacum.
•
Sudah
menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan
COBOL.
•
Kapasitas
memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
•
Menggunakan
simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
•
Kemampuan
melakukan proses real-time dan real-sharing.
•
Ukuran
fisiknya sudah lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
•
Proses
operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa dapat melakukan jutaan operasi per detik.
•
Kebutuhan
akan daya listrik lebih kecil.
•
Orientasinya
program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah ke aplikasi
teknik.
Contoh:
UNIVAC III,
UNIVAC SS80, SS90 dan 1107, Burroughs
200 (pabrik
pembuatnya Burroughs), IBM 7070, 7080, 1400 dan 1600 (International
Business Machine), NCR 300 (National Cash Register), Honeywell
400 dan 800 (Honeywell), CDC 1604 dan 160A (Control Data
Corporation), serta GE 635, 645 dan 200 (General Electric).
Komputer
Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Ciri-ciri lain
komputer generasi ketiga adalah :
•
Menggunakan IC, maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.
Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
•
Peningkatan
dari sisi software.
•
Kapasitas
memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya
puluhan ribu).
•
Menggunakan
media penyimpan luar disk magnetik (external disk) yang sifatnya
pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar
(jutaan karakter).
•
Penggunaan
listrik yang lebih hemat.
•
Kemampuan
melakukan multiprocessing dan multitasking.
•
Telah
menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
•
Harga
yang semakin murah.
•
Kemampuan
melakukan komunikasi dengan komputer lain.
Contoh-contoh
komputer generasi ketiga diantaranya adalah, IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC
9000, Burroughs 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000 dan 7000,
PDP-8 dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).
Komputer
Generasi Keempat (1970 – 1980-an)
Ciri-cirinya :
•
Merupakan kelanjutan dari generasi ketiga. Bedanya
bahwa IC pada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Ada dua
perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama,
penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan
beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keeping IC yang disebut chip.
•
LSI
kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration)
yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya
dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor
yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi
sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
•
Perusahaan
Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip
prosesor dengan nama 4004. Pada tahun 1972 Intel memperkenalkan
mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu.
Selanjutnya microprosesor 8080 dibuat tahun 1974, kemampuan-nya lebih
cepat dan memiliki set instruksi yang lebih kaya, dan memiliki kemampuan
pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih
satu warna (green color).
Komputer
Generasi Kelima(1980-an - ? )
Ciri-cirinya :
•
Mulai diproduksi PC massal tahun 1980 oleh IBM, yang terkenal dengan
IBM-PC, yang selanjutnya dikuasai Intel untuk hardwarenya dan Microsoft untuk
Softwarenya.
•
Prosesor
yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standart komputer saat itu, yang menggunakan basis dengan proses 16 bit per satu
waktu.
•
Telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson
Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yg mempunyai kemampuan
memproses trilyunan operasi perdetik. (sementara teknologi chip hanya mampu memproses
milyaran operasi perdetik).
•
Komputer
mampu menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung
bercakap-cakap dengan komputer serta penghematan energi komputer. Sifat luar
biasa ini disebut sebagai "artificial intelligence“.
•
berbasis
GUI (Graphic User Interface), multimedia, dan multikomunikasi.
Pada tahun 1993
Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang dikenal sebuatan Pentium
1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan 90 MIPS (Million
Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya
yaitu Pentium 2,3, dan 4.
3.2. Perkembangan Software
Konsep
Software
-
Perangkat
lunak (software) adalah perangkat abstrak yang merupakan bagian utama
selain hardware dari sistem komputer.
-
Bentuk
paling primitif dari Perangkat lunak adalah menggunakan aljabar Boolean, yang
direpresentasikan dalam binary digit (bit), yaitu bernilai 1 (benar/on)
atau 0 (salah/off), yang kemudian dikelompokkan menjadi 4-bit (nible),
8-bit (byte), 16-bit (word), 32-bit (double word),
64-bit, dan seterusnya. Dari dasar bilangan biner itulah sebuah program assembler dibentuk
untuk membuat software-software yang lain.
-
Perangkat
lunak yang ada hingga saat ini dibentuk dari
sebuah kode-kode biner yang kemudian di kemas dalam sebuah bahasa mesin
(machine language), bahasa assembler, bahasa C, dan sebagainya.
Era perangkat lunak setelah adanya komputer dibedakan
menjadi:
–
Era
Pioner (1940 – 1960),
bentuk perangkat lunak masih berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Ciri-ciri lain dari era
pioneer ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch),
distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
–
Era
Stabil (1960-1980),
komputer sudah diproduksi secara massal dan perangkat lunak sudah bisa
menjalankan beberapa fungsi proses secara serampak (multitasking). Ciri
yang lain dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multi user)
secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan
secara terpisah, sudah menggunakan sistem database.
–
Era
Mikro (1980 -1990) ,
perangkat lunak diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking)
dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan
untuk kebutan pribadi (home), bersifat automasi untuk kecerdasan buatan
(artifical intelegent).
–
Era
Modern (1990 - ? ),
memiliki ciri perangkat lunak berbasis multimedia, desktop dan portable,
berteknologi objek, sistem pakar, pemrosesan paralel, dan dapat berkomunikasi
jaringan global.
Jenis Software
komputer:
Software
sistem operasi
operating
system/OS mempunyai dua
fungsi utama yakni:
a.
Pengelolaan
seluruh sumber daya sistem komputer (resource manager) : Mengelola
sumber daya pada sistem komputer seperti monitor, processor, dan
sebagainya, maupun data dan program
b.
Sistem
operasi sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine) :
menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem call) ke pemakai sehingga
memudahkan dan menyamankan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem
komputer.
c.
Aplikasi
: Aplikasi seperti bahasa pemrograman, software program aplikasi, software
paket aplikasi, software utilitas, serta software games dan multimedia.
Contoh sistem
operasi yang ada:
-
UNIX
-
LINUX
-
Windows
-
Dan
lainnya yang kurang populer (OS/360, CP/M) dll
Bahasa
Pemrograman: bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer.
Dibagi menjadi
tiga level bahasa yaitu :
–
bahasa
tingkat rendah (low level language), contoh bahasa mesin (machine language).
–
bahasa
tingkat menengah (middle level language) contoh
Assembler.
–
bahasa
tingkat tinggi (high level language) contoh Pascal, C,
Fortran, COBOL, BASIC, kemudian bahasa yang berbasis XBase, Visual, .NET, dll.
Paket Aplikasi. Merupakan software aplikasi yang
berupa paket dengan tujuan khusus. seperti MS-Word, MS-Excel, Corel Draw,
PhotoShop, dan masih banyak lagi.
3.1. Klasifikasi Komputer
1.
Klasifikasi Komputer berdasarkan Tujuan Pemakaian
a.
Special-Purpose Computer
Jenis
komputer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada
masalah khusus yang biasanya hanya berupa satu masalah saja.
b. General Purpose Computer
Digunakan
untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk menyelesaikan
program yang bermacam-macam dan jenis permasalahan yang berbeda seperti untuk
pengolah kata, grafis, permainan dan lain-lain.
Cth : PC
- Komputer berdasarkan Data yang Diolah :
a. Komputer Analog
Digunakan untuk mengolah data yang sifatnya
berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk pisik
seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dan sebagainya.
Kelebihan :
mampu menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data
tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat.
Kekurangannya biasanya berupa grafik atau bentuk dial.
Contoh besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal
.
b. Komputer Digital
Data dalam
komputer digital berupa angka atau huruf. Komputer jenis ini biasanya digunakan
untuk aplikasi bisnis dan teknik, contohnya komputer PC yang umum digunakan
orang.
Keunggulan komputer digital adalah :
•
Proses
data lebih tepat dibandingkan komputer analog.
•
Dapat
menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
•
Dapat
melakukan operasi logika.
•
Data
yang telah dimasukkan dapat dikoreksi dan dihapus.
•
Output
yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik atau gambar.
c. Komputer
Hybrid
Merupakan
kombinasi komputer analog dan digital. Digunakan pada aplikasi khusus,
diperlukan komputer yang lebih cepat daripada komputer analog dan lebih tepat
daripada komputer digital.
- Komputer berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya :
Selain
bentuk fisiknya, kemampuan yang diukur biasanya ditunjukkan atas kemampuan
kapasitas memori, kapasitas penyimpanan storage (harddisk), dan
kemampuan laju prosesornya, serta ukuran fisik komputer itu sendiri
Dibedakan
menjadi :
-
Komputer
Super (super computer)
-
Komputer
Besar (large computer)
-
Komputer
Menengah (midle computer)
-
Komputer
Kecil (Small Computer)
-
Komputer
Mini (mini computer), dan
-
Komputer
Mikro (micro computer)
BAB
IV
PENUTUP
4.1.
Kesimpulan
Sejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun yang silam di cina. Hal ini ditandai dengan adanya abacus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Dari generasi ke generasi computer selalu mengalami perubahan-perubahan mulai dari pemakaian vacuum tube (generasi pertama), resistor (generasi kedua), Integrated Circuit (generasi ketiga), chip (generasi keempat) serta pemrosesan pararel (generasi kelima).
Perkembangan
komputer tersebut berlangsung kurang lebih dalam kurun waktu 70 tahun telah
menghasilkan perubahan yang besar dari generasi kegenerasi. Cara kerja dan alat
yang digunakan pun berbeda-beda, ukuran komputer pada masa generasi pertama
sangat besar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Kita tidak akan tahu
di tahun-tahun mendatang seperti apakah komputer dan bagaimana fungsinya. Hanya
kemajuan teknologilah yang bisa menjawab itu semua.
4.2.
Saran
Oleh karena itu kita harus menjaga kemajuan
teknologi kita, agar teknologi yang sudah canggih ini bisa digunakan sebaik –
baiknya,jangan sampai kita menyia – nyiakan komputer yang sudah sangat canggih
ini.
Dan kita juga harus bisa menciptakan teknologi
komputer yang lebih canggih lagi daripada yang ada sekarang ini.Apalagi
sekarang kita didukung dengan alat – alat yang super hebat.
No comments:
Post a Comment